ANALISIS KUALITAS PEMBUATAN PERSYARATAN PELAYANAN ADMINISTRASI ONLINE KEPENDUDUKAN (PASTI OKE) DI DESA NEGLASARI KECAMATAN CISOMPET

Authors

  • Muchtar Muchtar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Garut
  • Hasbi Shiddiq Fauzan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Garut
  • Agus Suparno Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.36624/jpkp.v15i2.167

Keywords:

Kualitas pelayanan, Administrasi Kependudukan

Abstract

Pemerintah Kabupaten Garut adalah contoh nyata dari upaya inovatif dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Kehadiran program pasti oke diharapkan dapat sangat membantu masyarakat, terutama yang berada di Desa Neglasari, dalam mengurus berbagai dokumen administrasi kependudukan. Penelitian ini termasuk kedalam kategori atau jenis penelitian kualitas pelayanan yang mengacu pada teori Jeany dan Mauli Siagian (2020) tentang indikator kualitas pelayanan. Adapun pencarian data pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dengan beberapa responden yaitu Kepala Desa Neglasari, Sekretaris Desa Neglasari, Kaur TU & Umum Desa Neglasari dan lima orang masyarakat Desa Neglasari. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa standar pembuatan persyaratan pelayanan administrasi online kependudukan (pasti oke) di Desa Neglasari Kecamatan Cisompet berdasarkan lima indikator kualitas pelayanan Telah berhasil dilaksanakan dengan efektif sebagaimana ekspetasi oleh masyarakat.

References

Arfian, A. (2018). Implementasi Aplikasi Sistem Demografi berbasis Green Computing dalam Pengelolaan Data Kependudukan Desa Kertarahayu Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi. Applied Information System and Management (AISM), 1(1). https://doi.org/10.15408/aism.v1i1.8673

de Run, E. C., Butt, M. M., Fam, K. S., & Jong, H. Y. (2010). Attitudes towards offensive advertising: Malaysian Muslims’ views. Journal of Islamic Marketing, 1(1), 25–36. https://doi.org/10.1108/17590831011026204

Dewi, R. C., & Suparno, S. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.67

Djaali, D. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Cetakan Pertama). PT Bumi Aksara.

Jamal, F., & Guntara, B. (2020). Kualitas Pelayanan Publik dalam Bidang Administrasi Kependudukan di Kecamatan Pagedangan di Tinjau dari Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Rechtsregel : Jurnal Ilmu Hukum, 3(2), 237. https://doi.org/10.32493/rjih.v3i2.8092

Jeany, J., & Siagian, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BPR ARTHA PRIMA PERKASA. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jmbi/article/view/30293

Published

2024-10-01

How to Cite

Muchtar, M., Shiddiq Fauzan, H., & Suparno, A. (2024). ANALISIS KUALITAS PEMBUATAN PERSYARATAN PELAYANAN ADMINISTRASI ONLINE KEPENDUDUKAN (PASTI OKE) DI DESA NEGLASARI KECAMATAN CISOMPET. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 15(2), 20–24. https://doi.org/10.36624/jpkp.v15i2.167